DISEMINASI DANA DESA KAMIS, 25 JANUARI 2018

MAHLIGAI SULTAN ADAM, SELASA, 25 JANUARI 2018

Diseminasi Dana Desa dengan tema Padat Karya Tunai Untuk Masyarakat Desa Yang Lebih Sejahtera dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Januari 2018 di Mahligai Sultan Adam oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI yang dihadiri oleh Komisi XI DPR RI Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, Bupati Banjar, Wakil Bupati Banjar, Anggota Dewan Kabupaten Banjar, Sekda Banjar, Forkominda, Kepala SKPD, Camat Se Kabupaten Banjar, Pembakal Se Kabupaten Banjar, Tokoh Masyarakat, Kanwil DJKN Kal-Sel, Kepala KPPN Kal-Sel, Kementerian Keuangan RI dan Kementerian Dalam Negeri RI sebagai narasumber.

Laporan panitia disampaikan oleh Direktur Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah(DJPK) Kemenkeu RI Lisbon Sirait, SE,ME. Tujuan diselenggarakan Diseminasi Dana Desa adalah meningkatkan pemahaman aparatur desa dan Pemda dan sharing keberhasilan Dana Desa.

Dilanjutkan Sambutan Bupati Banjar KH.KHALILLURAHMAN, Bupati Banjar menegaskan agar Dana Desa Tahun 2018 difokuskan untuk padat karya demi kesejahetraan masyarakat, selain itu agar para Camat selalu mengawasi penyaluran Dana Desa.

Sambutan Komisi XI DPR RI Drs. H. SYAIFUL RASYID.MM Dapil Kal-Sel 1 tentang Padat Karya Tunai, pengawasan harus berujung pada pembinaan.

Sambutan dari Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu RI DR.BOEDIARSO TEGUH WIDODO , Dana Desa Tahun 2018 ditujukan untuk pengurangan kemiskinan dan menaikan status desa. Padat Karya Tunai (Cash For Work) adalah proyek yang dibayai Dana Desa yang menyerap banyak tenaga kerja, pekerja diberi upah secara tunai dan dilakukan secara harian paling lama mingguan.

Perubahan metode pencairan dana desa 20% (minggu kedua Januari) dengan persyaratan Perda APBD dan Perbup Penetapan Dana Desa, 40% (bulan Maret) dengan syarat laporan realisasi penyaluran Dana Desa dari RKUD ke Kas Desa, laporan realisasi/konsolidasi, 40% (bulan Juli) dengan syarat penyaluran RKUD ke RKD 75% sudah diserap dan digunakan dengan hasil pekerjaan 50%.

Acara dilanjutkan dengan pemeberian materi tentang Program Padat Karya Tunai Di Desa, penyesuaian RKP Desa dan APBDESA oleh Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri dan  Kebijakan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2018 Dalam mendukung Pelaksanaan Padat Karya  Tunai di Desa ( Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka negara kesatuan, menciptakan lapangan kerja, mengatasi kesenjangan, dan mengentaskan kemiskinan) oleh Kemenkeu RI.

Dalam Acara ini juga ditampilkan Produk BUMDES yang ada di Kabupaten Banjar yaitu : Ds Pasar Lama (Cemilan), Ds. Sungai Sipai (Bross), Ds Murung Kenanga (Keripik),  Wilayah Aranio (Madu, Beras Gunung dan Wisata Desa), Ds. Cindai Alus (Tas dari purun),  Ds Cabi (Kerajinan Eceng Gondok ), Ds Muara halayung (Beras kemasan),  Ds. Lihung (Sasirangan, Iwak rabuk, dan telur herbal, Ds Pekauman (Tasbih Pukaha).

 

Check Also

CAMAT SE KABUPATEN BANJAR LAKSANAKAN RAKOR BERSAMA DPMD DAN INSPEKTORAT

Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Inspektorat, …

mega888