MARTAPURA – Dalam rangka memacu gerak langkah percepatan pembangunan desa, melalui Kementerian Desa Republik Indonesia, telah menyelenggarakan Program Bursa Inovasi Desa pada hari Rabu, 27 Desember 2017 di Gust House Sultan Sultan Sulaiman Martapura, Jl A. Yani Km, 37 Martapura. Kegiatan ini telah menampilkan hasil kerajinan dari berbagai desa se Kabupaten Banjar.

Acara dihadiri Bupati Banjar H. Kholilurrahman beserta wakil Bupati Banjar, Saidi Mansyur. Setda Kab. Banjar Ir H. Nasrun Syah,MP, Ketua DPRD, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov Kalsel, Tokoh Agama/Tokoh Masyarakat, Seluruh OPD Kab. Banjar, Seluruh Camat, Seluruh Pambakal, Seluruh  Ketua BPD, Seluruh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forum Kompida), Pimpinan Bank Kalsel, BRI, BNI, Pimpinan Perusahaan Daerah, dan Seluruh Pendamping Desa Se-Kabupaten Banjar.

Dalam rangka mendukung Program Pemerintah Pusat melalui Kementerian desa PDTT, melalui rapat kerja Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dan dukungan serta arahan Bupati Banjar maka dilaksanakan lah Inovasi Desa tersebut.

 “Acara ini sebetulnya bukan untuk ajang pameran, tetapi acara ini kita jadikan untuk meningkatkan kreatifitas desa. Bahkan nanti inovasi desa ini akan kita lombakan,” ucap Bupati Banjar H. Kholilurrahman.

Tak hanya itu acara Bursa Inovasi juga dimeriahkan dengan penampilan musik panting, dari Sanggar Kemilau Intan Martapura. Dengan membawakan musik-musik khas dari Kalimantan Selatan. Adapun kerajian berbagai desa yang dipamerkan, antara lain, kain sasirangan dan olahan lainnya. Selain itu adapula olahan pangan, seperi telur asin.

Bursa tidak hanya sebagai bursa yang mempertontonkan berbagai inovasi yang sudah ada tetapi yang patut diapresiasi adalah dapat membuka wacana bagi Desa untuk lebih berkreasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Desa saat ini dan kedepan. Program inovasi ini dapat dikolaborasikan dengan para Pendamping Desa yang saat ini sudah eksis mendampingi desa.

Dan dari hasil kegiatan ini, semua desa menyatakan mendukung secara utuh dalam rangka mengsukseskan Pelaksanaan Program Dana Desa. Terimaksih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa PDTT dan Pemerintah Daerah Kab.Banjar yang telah mensupport acara tersebut.

Check Also

CAMAT SE KABUPATEN BANJAR LAKSANAKAN RAKOR BERSAMA DPMD DAN INSPEKTORAT

Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Inspektorat, …

mega888